Senin, 24 Desember 2012

MODUL IMAN KEPADA RASUL


BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Modul yang akan kalian baca ini menyajikan standar kompetensi meningkatkan keimanan kepada Rasul yang dijabarkan dalam kompetensi dasar yakni menjelaskan iman kepda Rasul. Fungsi utama mata pelajaran Akidah Akhlak adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan pengetahuan tentang berbagai hal terkait tentang keimanan kita.
2.      Mengembangkan keterampilan proses
3.      Mengembangkan wawasan, sikap, dan nilai-nilai yang berguna bagi siswa untuk meningkatkan kualitas kehidupan seharii-hari.
4.      Mengebangkan kesadaran tentang adanya hubungan keterkaitan dan saling mempengaruhi antara kemampuan religiusitas dengan keadaan lingkungan bagi kehidupan nyata sehari-hari.
Untuk itu sudah semestinya jika modul pendalaman materi Akidah tentang  Rukun Iman ini perlu disusun.

  1. DESKRIPSI SINGKAT
Perlu kita ketahui bahwa Iman Kepada Rasul merupakan salah satu rukun iman ke-4. Keimanan seseorang itu tidak sah, sampai ia mengimani semua nabi dan rasul Allah dan membenarkan bahwa Allah telah mengutus mereka untuk menunjuki, membimbing dan mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya kebenaran. Ditambah juga keharusan membenarkan bahwa mereka telah menyampaikan apa yang Allah turunkan kepada mereka dengan benar dan sempurna, dan mereka telah berjihad dengan sebenar-benarnya di jalan Allah. Menurut Imam Baidhawi, Rasul adalah orang yang diutus Allah swt. dengan syari’at yang baru untuk menyeru manusia kepadaNya. Sedangkan nabi adalah orang yang diutus Allah swt. untuk menetapkan (menjalankan) syari’at rasul-rasul sebelumnya. Sebagai contoh bahwa nabi Musa adalah nabi sekaligus rasul. Tetapi nabi Harun hanyalah nabi, sebab ia tidak diberikan syari’at yang baru. Ia hanya melanjutkan atau membantu menyebarkan syari’at yang dibawa nabi Musa AS.

  1. STANDAR KOMPETENSI  :
1.      Standar Kompetensi         : 1. Meningkatkan Keimanan kepada Rasul
2.      Kompetansi Dasar             : 1.1 Menjelaskan Iman Kepada Rasul
3.       Indikator              :1.1.1 Mampu Menjelaskan Pengertian Iman kepada   Rasul
                                                  1.1.2 Mampu Menyebutkan Nama dan Sifat-Sifat Rasul
                                                  1.1.3 Mampu Menjelaskan Fungsi Iman kepada Rasul
  1.1.4 Mampu Meneladani Sifat-Sifat Rasul dalam Kehidupan
Sehari-Hari
  1. PETA KONSEP        
Demi memudahkan Saudara dalam memahami materi modul ini, berikut disajikan peta konsepnya.
Organization Chart
           
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Tujuan Pembelajaran Umum
Memperoleh penjelasan yang tepat tentang Iman Kepada Rasul.
2.      Tujuan Pembelajaran Khusus
a.       Memperoleh penjelasan tentang pengertian Iman Kepada Rasul
b.      Memperoleh penjelasan tentang Nama dan Sifat Rasul
c.       Memperoleh penjelasan fungsi Iman Kepada Rasul
d.      Memperoleh penjelasan cara meneladani sifat Rasul dalam kehidupan sehari-hari

  1. RELEVANSI/MANFAAT
Setelah mempelajari modul ini, Saudara memperoleh manfaat antara lain yakni:
1.      Memudahkan dalam memahami materi-materi Iman Kepada Rasul berdasarkan penjelasan dan contoh.
2.      Menjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan materi Iman Kepada Rasul
3.      Memperoleh ide pengembangan dan pengalaman secara integratif berdasarkan tugas dan latihan yang ada di modul ini.
4.      Dapat mengembangan ilmu peserta didik sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang kompeten pada materi ini.

  1. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.      Keseluruhan modul ini hendaknya Saudara baca secara seksama.
2.      Uraian materi satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Saudara harus memahami secara menyeluruh.
3.      Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknis maupun teoritis.
4.      Bila ada materi-materi yang kurang dipahami, Saudara dapat bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini.
5.      Latihan/Tugas yang terdapat pada setiap bab harap dikerjakan untuk mengamalkan pengetahuan Saudara dan menguji kemampuan komprehensif Saudara.
6.      Untuk menguji kemampuan terhadap penguasaan materi modul ini, diharapkan Saudara mengerjakan soal-soal tes mandiri secara individu.
7.      Bila Saudara belum mampu menjawab sebagian besar dari soal yang ditampilkan dalam latihan/tugas maupun tes mandiri, Saudara dapat mempelajari ulang agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap babnya dapat tercapai.


BAB II
KEGIATAN BELAJAR I
IMAN KEPADA RASUL
  1. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Iman Kepada Rasul

  1. Materi Pokok
1.      Pengertian Iman kepada Rasul
2.      Nama dan Sifat-Sifat Rasul
3.      Fungsi Iman kepada Rasul
4.      Meneladani Sifat-Sifat Rasul

  1. Uraian Materi
1.      Pengertian Iman Kepada Rasul
Iman kepada rasul berarti meyakini bahwa rasul itu benar benar utusan Allah SWT yang di tugaskan untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat.Pengertian rasul dan nabi berbeda. Rasul adalah manusia pilihan yang diberi wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri dan mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya. Nabi adalah manusia pilihan yang di beri wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri tetapi tidak wajib menyampaikan pada umatnya. Dengan demikian seorang rasul pasti nabi tetapi nabi belum tentu rasul. Meskipun demikian kita wajib meyakini keduanya.
Firman Allah SWT :

http://www.alquran-indonesia.com/images/alquran/s006/a048.png
“Dan kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberikan kabar gembira dan memberi peringatan.Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”(QS. Al An’am 6 : 48)

2.      Nama Dan Sifat-Sifat Rasul
Berikut merupakan nama dan sifat-sifat rasul yang akan kita pelajari. Mari kita simak bersama dan mulai menghafalkannya. Rasul rasul yang wajib diimani berjumlah 25 orang:

1.      Adam As   
2.      Idris As
3.      Nuh As
4.      Hud As
5.      Sholeh As
6.      Ibrahim As
7.      Luth As
8.      Ismail As
9.      Ishaq As
10.  Yaqub As
11.  Yusuf As
12.  Ayub As
13.  Syu’aib As
14.  Musa As
15.  Harun As
16.  Zulkifli As
17.  Daud As
18.  Sulaiman As
19.  Ilyas As
20.  Ilyasa As
21.  Yunus As
22.  Zakaria As
23.  Yahya As
24.  Isa As
25.  Muhammad SAW


Seluruh rasul mempunyai sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki rasul disebut sifat wajib rasul, sedangkan sifat-sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul disebut sifat mustahil para rasul.
Sifat wajib ada 4 antara lain :
1.      Sidiq            : berkata benar
2.      Amanah       : dapat dipercaya
3.      Tabligh        : menyampaikan
4.      Fathonah     : cerdik,pandai

Sedang sifat mustahil bagi rasul yaitu :
1.      Kizib           : berkata bohong
2.      Khianah      : tidak dapat dipercaya
3.      Kitman       : menyembunyikan
4.      Baladah      : bodoh
3.      Fungsi Iman kepada Rasul
Apakah fungsi Iman kepada Rasul? Fungsi Beriman Kepada Rasul diantaranya adalah :
    1. Meningkatkan kepercayaan bahwa ajaran dan janji Allah adalah benar.
    2. Memantapkan keyakinan bahwa hal-hal yang dilakukan dari ajaran rasul adalah benar.
    3. Meningkatkan beramal saleh dan melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya serta masyarakat untuk kehidupan di dunia dan akhirat.
    4. Memperkuat kepercayaan bahwa para rasul adalah teladan hidup yang wajib diikuti dalam meraih kebahagiaan.

4.      Meneladani Sifat-Sifat Rasul
Bagaimana kita meneladani sifat rasul? Para rasul yang ditetapkan oleh Allah swt. untuk memimpin umatnya adalah orang-orang pilihan di antara mereka. Sebelum menerima wahyu dari Allah swt, mereka adalah orang-orang yang terpandang di lingkungan umatnya, sehingga selalu menjadi acuan perilaku atau suri tauladan bagi orang-orang di lingkungannya. Apalagi setelah menerima wahyu, keteladanan mereka tidak diragukan lagi, karena mereka selalu mendapat bimbingan dari Allah swt.
Dalam surah Al Ahzab ayat 21 Allah swt. menegaskan sebagai berikut:“Sungguh pada diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik bagi kamu,” (Q.S. Al Ahzab ayat 21). Sebab itu, apa yang diucapkan atau yang dikerjakan rasulullah harus dicontoh atau diikuti, dan sebaliknya apa –apa yang dilarangnya harus dihindarkan. (Q.S. Al Hasyr ayat 7).
Selain itu, keharusan kita meneladani rasul-rasul Allah karena alasan-alasan sebagai berikut:
    1. Semua rasul-rasul dima’shum oleh Allah swt. Artinya mereka selalu dipelihara dan dijaga oleh Allah swt. untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan keji atau dosa. Selaku manusia sebenarnya bisa jadi mereka berbuat kesalahan, tetapi langsung oleh Allah swt. ditegur atau diluruskan.( Sebagai contoh coba anda baca asbabunnuzul surah ‘Abasa).
    2. Semua rasul Allah mempunyai sifat-sifat terpuji yang merupakan tanda kesempurnaan pribadi mereka. Sifat-sifat terpuji tersebut adalah sebagai berikut:
      1. Shiddiq (benar). Mereka selalu berkata benar, dimana, kapan dan dalam keadaan bagaimanapun mereka tidak akan berdusta (kadzib).
      2. Amanah, yaitu dapat dipercaya, jujur, tidak mungkin khianat.
      3. Tabligh, artinya mereka senantiasa konsekwen menyampaikan kebenaran (wahyu) kepada umatnya. Tidak mungkin mereka menyembunyikan kebenaran yang diterimanya dari Allah swt. (kitman), meskipun mereka harus menghadapai resiko yang besar.
      4. Fathanah, artinya semua rasul-rasul adalah manusia-manusia yang cerdas yang dipilih Allah swt. Tidak mungkin mereka bodoh atau idiot (baladah).
    3. Khusus nabi Muhammad saw. sebagai pemimpin para rasul (sayyidul mursalin) mendapat sanjungan dan pujian yang luar biasa dari Allah swt. disebabkan karena akhlaknya sebagaimana tersebut dalam surah Al Qalam ayat 4 yang artinya “Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung “ (Q.S. Al Qalam: 4)

  1. Rangkuman
Iman kepada rasul berarti meyakini bahwa rasul itu benar benar utusan Allah SWT yang di tugaskan untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat.Pengertian rasul dan nabi berbeda. Rasul adalah manusia pilihan yang diberi wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri dan mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya. Nabi adalah manusia pilihan yang di beri wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri tetapi tidak wajib menyampaikan pada umatnya. Dengan demikian seorang rasul pasti nabi tetapi nabi belum tentu rasul.
Rasul rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang. Seluruh rasul mempunyai sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki rasul disebut sifat wajib rasul, sedangkan sifat-sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul disebut sifat mustahil para rasul.
. Fungsi Beriman Kepada Rasul (1.) Meningkatkan kepercayaan bahwa ajaran dan janji Allah adalah benar. (2.) Memantapkan keyakinan bahwa hal-hal yang dilakukan dari ajaran rasul adalah benar. (3.) Meningkatkan beramal saleh dan melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya serta masyarakat untuk kehidupan di dunia dan akhirat. (4.) Memperkuat kepercayaan bahwa para rasul adalah teladan hidup yang wajib diikuti dalam meraih kebahagiaan.


  1. Latihan/ Tugas
1.      Silahkan kalian cari firman Allah tentang iman kepada Rasul dalam Alquran!
2.      Buatlah data dari teman-teman sekelasmu yang memiliki sifat terpuji seperti Rasul! Berilah tanda centang (V) pada tabel!
Nama
Sifat
Amanah
Fathonah
Sidiq
Tabligh





















  1. Tes Mandiri
                                   I.            Pilihlah jawaban yang paling tepat, dan berilah tanda (x) untuk menjawabnya!
1.      Meyakini bahwa rasul itu benar benar utusan Allah SWT yang di tugaskan untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat disebut ...
a.       Iman kepada Allah                              c. Iman kepada malaikat
b.      Iman kepada rasul                               d. Iman kepada kitab
2.      Manusia pilihan yang di beri wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri tetapi tidak wajib menyampaikan pada umatnya disebut ...
a.       Rasul                                       c. Ulama
b.      Nabi                                        d. Ustad
3.      Firman Allah tentang meyakini nabi dan rasul terdapat dalam surat ...
a.       Q.S. Al Qalam 4                     c. Q.S. Al Ahzab ayat 21
b.      Q.S. Al Hasyr ayat 7               d. QS. Al An’am ayat 48
4.      Nabi yang wajib kita imani berjumlah ...
a.       20                                            c. 25
b.      15                                            d. 100
5.      Rasul Allah yang terakhir adalah ...
a.       Adam  As                                c. Muhammad SAW
b.      Idris As                                   d. Nuh As
6.      Nabi memiliki sifat dapat dipercaya disebut ...
a.       Sidiq                                        c. Tabligh
b.      Amanah                                   d. Fatonah
7.      Nabi memiliki sifat fatonah yang berarti ...
a.       Cerdas                                     c. Menyampaikan
b.      Jujur                                        d. Dapat dipercaya
8.      Kebalikan dari sifat nabi tabligh yaitu ...
a.       Kizid                                       c. Khianat
b.      Baladah                                   d. Kitman
9.      Nabi tidk mungkin bersifat kizid yang berarti ...
a.       Berkata bohong                       c. Tidak dapat dipercaya
b.      Menyembunyikan                   d. Bodoh
10.  Nabi Muhammad saw. sebagai pemimpin para rasul disebut ...
a.       Al amin                                   c. Ulul azmi
b.      Uswatun hasanah                    d. Sayyidul Mursalin

                                II.            Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat!
1.      Seorang laki-laki yang diberi wahyu oleh Allah SWT kepadanya berupa syariat, dan ia wajib menyampaikan risalah kepada ummatnya disebut…
2.      Wujud dari iman seseorang kepada Rasul antara lain...
3.      Salah satu sifat yang dimiliki rasul adalah Tabligh yakni...
4.      Maksud dari Rasul Ulul Azmi adalah ...
5.      Sebutkan sifat mustahil Rasul...




  1. Kunci Jawaban
BAB II KEGIATAN PEMBELAJARAN I
1.      B
2.      B
3.      D
4.      C
5.      C
6.      B
7.      A
8.      D
9.      A
10.  D
Essay :
1.      Rasul
2.      Meyakini dengan sebenarnya bahwa Allah SWT telah mengutus para utusan-Nya untuk membimbing ummatnya.
3.      Menyampaikan wahyu
4.      Rasul Ulul Azmi adalah rasul yang derajatnya dilebihkan dari yang lainnya karena keuletan dan ketabahan dalam mengemban risalah.
5.      Kidzib, Khianat, Kitman, Baladah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar