RESUME
MEDIA
PEMBELAJARAN E-LEARNING
Pemakalah
: Moh. Wifaqul Idaini. (Hari, tgl : Jumat, 07-12-2012)
1. PEMBAHASAN
A. Pengertian
E-Learning
E-learning adalah
proses pembelajaran yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan
teknologi informasi dan internet. E-learning lebih tepat ditujukan sebagai
usaha untuk membuat transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke
dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
B. Karakteristik
Media E-Learning
1. Memanfaatkan
jasa teknologi elektronik
2. Memanfaatkan
keunggulan komputer
3. Menggunakan
bahan ajar bersifat mandiri
4. Memanfaatkan
jadwal pelajaran, kurikulum, administrasi pendidikan yang dapat dilihat setiap
saat di komputer
C. Hal-hal
yang Menunjang Proses Pembelajaran E-Learning
Ada empat hal yang
perlu disiapkan: pemilihan materi yang sesuai kurikulum, memilih variasi yang
akan ditampilkan, melakukan penilaian dan pemanfaatan yang ada dalam komputer,
serta menyajikan materi yang dapat dilihat di komputer.
D. Kelebihan
dan Kekurangan Media E-Learning
Kelebihan :
1. Guru
dan siswa dapat berkomunikasi melalui fasilitas internet
2. Siswa
dapat me-review pelajaran setiap saat yang diberikan guru
3. Dapat
merubah sifat pasif menjadi aktif
4. Relatif
lebih efisien
5. Memperoleh
informasi mukhtahir
6. Komunikasi
yang luwes
7. Kemudahan
dan kecepatan mengakses
Kekurangan :
1. Kurangnya
interaksi guru dan siswa
2. Kecenderungan
aspek akademik atau sosial
3. Lebih
mengarak ke pelatihan daripada pendidikan
4. Siswa
yang kurang memiliki motivasi tinggi cenderung gagal
5. Kurangnya
mengkontrol kualitas
6. Kurangnya
penguasaan bahasa komputer
7. Tidak
semua tempat tersedia internet
E. Penerapan
E-Learning dalam Pendidikan Sekolah
Misalnya : pembelajaran
di UIN. Sudah menggunakan media E-Learning yang sudah bisa diakses.
Untuk pembelajaran
misal untuk kelas IX:
SK : Siswa mampu
memahami sejarah kemajuan umat Islam pada masa Khalifah Bani Abasiah
KD : Siswa mampu
menjelaskan sejarah kemajuan umat Islam pada masa Khalifah Bani Abasiah
Materi terkait hal
diatas dapat dikemas dan disampaikan melalui internet.
2. DISKUSI
(Pertanyaan)
a. Bagaimana
teknik evaluasi pembelajaran e-learning?
b. Bagaimana
cara mengatasi permasalahan dalam e-learning?
c. Bagaimana
mengembangkan ranah afektifnya?
d. Adakah
kasus dalam pembelajaran e-learning?
e. Dengan
pembelajaran e-learning, karakter apa yang bisa diterapkan?
f. E-Learning
cocok untuk jenjang apa?
g. Kelemahan
E-Learning! Bagaimana solusinya, khusus untuk permasalahan sosial?
h. Pembelajaran
E-Learning efektif atau tidak?
3. DISKUSI
(Jawaban)
a. Caranya
dengan membuat soal-soal dengan memberi batas waktu dalam menjawabnya. Dan
dapat juga mengembangkan jenis test lain yang bisa diberikan. Hanya saja media
e-learning yang digunakan.
b. Semua
komponen yang ada harus siap dan sudah disesuaikan, jangkauan internet
diperluas, persiapan yang matang.
c. Melalui
forum diskusi dalam e-learning itu sendiri, penugasan di lapangan.
d. Ada,
kebanyakan saya temui pembelajaran e-learning SMA-SMA sudah menggunakan
pembelajaran e-learning.
e. Karakter
yang dapat dibiasakan adalah kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan masih
banyak lain.
f. Media
ini sebenarnya cocok untuk semua jenjang. Akan tetapi yang lebih efektif
diberikan pada SMA. Karena dari kemandirian sudah siap. Akan tetapi sebatas
pengenalan dan selingan untuk SD dan SMP pun sudah bisa digunakan.
g. Dengan
cara membagi kelompok. Kerja kelompok dalam penugasan. Sehingga ini bisa
mengatasi masalah sosial, jika ditakutkan akan menumbuhkan individual pada
anak. Kerja kelompok dapat diterapkan dalam pembelajaran ini.
h. Efektif,
sebenarnya media ini sudah efektif untuk media pembelajaran, hanya masih ada
kendala dalam penerapannya baik dari guru yang belum siap maupun siswa yang
kurang aktif dan gaptek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar