Senin, 24 Desember 2012

MEDIA PEMB. LINGKUNGAN DAN PERPUS


RESUME
MEDIA PEMBELAJARAN “PEMANFAATAN LINGKUANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN PERPUSTAKAAN”
I.                   Pemanfaatan Lingkungan Alam
Pemakalah       : Mareta Inaratur Rahma (10411040)
Hari, tgl           : Jumat, 21-12-12
PEMBAHASAN:
A.    Pengertian Lingkungan sebagai Sumber Belajar
Lingkungan sebagai sumber balajar berarti di mana guru dan siswa bisa mempelajari keadaan sebenarnya du luar kelas dengan menghadapkan para siswa kepada lingkungan yang actual untuk di pelajari, diamati dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar.
B.     Jenis-Jenis Lingkungan sebagai Sumber Belajar
Terdapat tiga jenis lingkungan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yaitu :
1.      Lingkungan sosial, merupakan sumber belajar yang berkenaan dengan interaksi sosial dengan kehidupan masyarakat seperti organisasi sosial, adat, dan kebiasaan, mata pencaharian, kebudayaan, pendidikan, kependudukan, setruktur kepemerintahan dan agama.
2.      Lingkungan Alam, merupakan sumber belajar yang berkenaan dengan segala ssesuatu yang sifatnya alamiah seperti keadaan geografi, iklim, suhu, udara, musim, dan lain sebagainya.
3.      Lingkuan Buatan, merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk tujuan tertentu yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.
C.     Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan dua cara yaitu : dengan cara membawa sumber-sumber dari masyarakat ke dalam kelas dan dengan cara membawa siswa ke lingkungan. Tentunya masing-masing cara tersebut dapat dilakukan dengan pen dekatan, metode, teknik dan bahan tertentu yang sesuai dengan tujuan pengajaran.
D.    Langkah-langkah pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
Tanpa perencanaan yang matang kegiatan belajar siswa bisa tidak terkendali, sehingga tujuan pengajaran tidak tercapai dan siswa tidak melakukan kegiatan belajar yang diharapkan, ada beberapa langkah yang harus di tempuh dalam menggunakan lingkungan sebagai media dan sumber belajar, yaitu :
a.       Langkah persiapan
b.      Langkah pelaksanaan
c.       Tindak lanjut
E.     Kekurangan dan Kelebihan Pemanfaatan Lingkungan sebagai sumber belajar.
Kelebihan : a. Kegiatan belajar menari dan tidak membosankan
                   b. Hakikat belajar akan lebih bermakna
                   c. Bahan-bahan yang dipelajari lebih kaya dan faktual
                   d. Kegiatan belajar lebih komprehensif dan aktif
                   e. Sumber belajar lebih kaya
                   f. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek
Kekurangan: a. Kegiatan kurang dipersiapakan sebelumnya
b. Ada kesan dari guru dan siswa bahwa kegiatan ini memerlukan wktu yang lama.
c. Sempitnya pandangan guru
DISKUSI:
1.      Pertanyaan:
a.       Apakah media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar sudah efektif? Bagaimana penerapan pembelajaran PAInya? Jelaskan beserta SK-KD!
b.      Apa kendala yang dihadapi dalam media pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar?
2.      Jawaban:
a.       Menurut saya sudah efektif, hanya saja tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan menggunakan waktu. Karena pembelajaran ini tidak membuat bosan dan justru membuat pengalaman baru. Dalam penerapan pembelajaran PAI, misal :
SK : memahami sifat terpuji
KD: mendiskripsikan sifat terpuji
Caranya : menugaskan siswa untuk mengamati keadaan sekitar kaitannya dengan sikap terpuji. Dan mendiskripsikan apa yang telah diamati
b.      Kendalanya adalah masih kurangnya kretifitas guru, biasanya karena masalah jam. Dan terkadang siswa masih sulit untuk mengikuti pembelajaran ini karena alasan malas. Ini dapat diatasi dengan kreatifitas guru dalam mengembangan pembelajaran. Dan kesadaran penuh dari guru itu sendiri.

II.                Perpustakaan
Pemakalah             : Diyah Ayu Wulandari (10411038)
Hari, Tanggal        : Jumat, 21-12-2012
PEMBAHASAN  :
A.    Teori Perpustakaan
Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang di dalamnya ada organisasi. Sebab tanpa organisasi ini perpustakaan tidak beda dengan individunya. Artinya perpustakaan merupakan kegiatan yang melibatkan lebih dari suatu individu saling bekerja sama (terorganisir).
Sebuah perpustakaan sebagai salah satu unit kerja mempunyai unsur-unsur atau persyaratan seperti berikut :
a.       Adanya organisasi
b.      Dalam surat keputusan pendiriannya, harus tercantum secara jelas tugas, fungsi, wewenang, tanggungjawab, dan struktur organisasi.
c.       Surat keputusan itu merupakan landasan hukum konsideran pertimbangan tentang pembentukan perpustakaan.
Berikut beberapa kubutuhan pokok perpustakaan sebagai unit kerja:
1.      Gedung
2.      Koleksi bahan pustaka
3.      Perlengkapan dan perabot
4.      Mata anggaran atau sumber pembiayaan

B.     Peran Perpustakaan terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan di Sekolah
Secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya:
a.       Memupuk rassa cinta, kesadaran dan kebiasaan membaca
b.      Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan
c.       Memperluas pengetahuan para siswa
d.      Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
e.       Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1.      Fungsi Edukatif
2.      Fungsi Informatif
3.      Fungsi Administratif
4.      Fungsi Rekreatif
5.      Fungsi Penelitian
Sumbangan atau peranan perpustakaan antara lain:
a.       Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
b.      Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk tidak dapat berfikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
c.       Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa.
d.      Kumpulan bahan pustaka di perpustakaan  memberikan kesempatan mambaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam
e.       Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efektif dan efisien.
DISKUSI :
1.      Pertanyaan
a.       Faktor apa yang membuat perpustakaan di sekolah-sekolah masih kurang diminati siswa? Dan bagaimana proses pembelajaran yang dirancang guru dnegan SK-KD?
b.      Apa kendala yang dihadapi dalam media perpustakaan?
2.      Jawaban
a.       Faktornya meliputi:
1.      Kurangnya layanan diperpustakaan
2.      Kurangnya publikasi perpustakaan
3.      Kurangnya kesadaran minat baca dari siswa
Pengoptimalan bisa dilakukan dengan cara:
1.      Publikasi dari para pustakawan dengan menggunakan lomba atau cara yang dapat menarik perhatian.
2.      Dengan mengoptimalkan berbagai fasilitas diperpustakaan
3.      Sebagai pustakawan dalam pelayanan lebih baik lagi, murah senyum, dan tidak acuh
4.      Proses pembelajaran yang di rancang ulang. Setiap guru hendaknya lebih kreatif. Anak diajak berkunjung keperpus. Dan ini akan menjadikan pembiasaan bagi anak untuk berkunjung ke perpus.
b.      Kendala yang masih dihadapi adalah
1.      Masih kurangnya kesadaran pentingnya membaca
2.      Pelayanan yang masih kurang baik
3.      Koleksi yang tidak sesuai

1 komentar:

  1. Casinos Near Me - MGM Grand Casino Resort - Mapyro
    Mapyro - MGM Grand Casino Resort in Las Vegas, Nevada provides a map 광명 출장마사지 showing 거제 출장안마 casinos and other 서울특별 출장샵 gaming 김해 출장마사지 facilities located near MGM Grand in Las Vegas, 파주 출장마사지 Nevada.

    BalasHapus